Senin, 10 Oktober 2016

Kesempatan

Kesempatan (Photo by Jake Givens via Unsplash)
Terkadang aku sering bertanya kenapa Tuhan begitu banyak memberikanku kesempatan untuk tahu lebih banyak tentang ilmu, pengalaman, dan hal-hal yang baik dan benar.

Itu mengingatkanku tentang firman-Nya.

Katakanlah (Muhammad), "Wahai manusia! Telah datang kepadamu (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, sebab itu barangsiapa mendapat petunjuk, maka sebenarnya (petunjuk itu) untuk (kebaikan) dirinya sendiri. Dan barangsiapa sesat, sesungguhnya kesesatan itu (mencelakakan) dirinya sendiri. Dan aku bukanlah pemelihara darimu." (Yunus:108)

Aku tahu di luar sana masih banyak hal-hal yang tidak aku ketahui. Semakin banyak hal baru yang aku temui, semakin aku tahu bahwa pengetahuanku tak seberapa. Aku memohon kepada-Mu Tuhan semakin banyak aku membaca maka jadikan aku semakin banyak berpikir dan belajar.

Ijinkan aku tahu lebih banyak Tuhan, dan jadikan aku semakin dekat dengan-Mu karenanya. Jangan jadikan aku menjauh dari-Mu setelah aku tahu banyak kebaikan dan kebenaran dari aturan-Mu.

Doaku seperti doa mereka.

(Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk bagi kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi." (Ali Imran :8) 

Jadikan sisa umurku ini menjadi sesuatu yang baik. Jangan jadikan aku seperti mereka yang Engkau biarkan Tuhan. Seperti firman-Mu yang pernah aku baca.

Dan janganlah sekali-kali orang-orang kafir itu mengira bahwa tenggang waktu yang Kami berikan kepada mereka lebih baik baginya. Sesungguhnya tenggang waktu yang Kami berikan kepada mereka hanyalah agar dosa mereka semakin bertambah; dan mereka akan mendapat azab yang menghinakan. (Al Imran: 178)

Dengan memperpanjang umur mereka dan membiarkan mereka berbuat dosa sesuka hatinya.

Ya Allah , tidak ada Tuhan selain-Mu. Yang Maha hidup, Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Mu). Maka ijinkalah hamba-Mu ini kembali ke jalan lurusmu, yang benar lagi baik. Seperti pada ayat-ayat yang kau wahyukan kepada Rasul-Mu, Muhammad SAW.

Katakanlah, "Wahai hamba-hambak-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosanya semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Az-Zumar: 53)

Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (Az-Zumar: 54)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar