Minggu, 09 Oktober 2016

Rafting Sungai Elo Magelang

Hi Travelers, tidak lengkap rasanya kalau main ke Magelang tanpa merasakan wisata airnya. Setelah mengunjungi candi Borobudur tidak salahnya kalian mampir untuk merasakan arum jeram (rafting) di sungai Elo, Magelang.

Ada dua sungai di Magelang yang sudah dikelola dengan sangat baik untuk melakukan arum jeram. Selain sungai Elo terdapat juga sungai Progo. Akan tetapi untuk pemula saya sarankan untuk mencoba sungai Elo terlebih dahulu. Karena sungai Progo sendiri memiliki tingkatan yang lebih tinggi daripada sungai Elo.

Selain memiliki tingkatan keamanan yang tinggi, sungai Elo juga bisa anda nikmati dengan waktu yang cukup lama dengan durasi 2,5 - 3 jam. Sangat memuaskan bukan?

Sungai Elo sendiri bisa kalian lihat di sekitar candi Mendut. Banyak sekali hotel, tempat makan dan perusahan pribadi yang bisa kalian datangi untuk mendaftar arum jeram. Terdapat tiga pembagian waktu pemberangkatan yaitu pagi (08.00-09.00), siang (12.00-13.00) dan sore (15.00).

Saya sarankan untuk membawa teman dan keluarga untuk mengikuti arum jeram, selain menambah keseruan dan menghemat pengeluaran juga jadwal arum jeram anda bisa dilakukan secepatnya. Karena jumlah minimal dalam satu perahu arum jeram adalah 4 sampai 6 orang. Dimana River Guide tidak terhitung dalam jumlah yang saya sebutkan tadi.

Tapi untuk kenyamanan anda reserfasi sebelum kedatangan sangat saya anjurkan.

Fasilitas yang bisa anda dapatkan adalah sebagai berikut.
1. Asuransi
2. Sewa peralatan arum jeram
3. River Guide/ pemandu
4. Transportasi dari tempat penyedia jasa arum jeram sampai starting point (tempat awal peluncuran arum jeram)
5. Porter
6. Kamar mandi
7. Snack, air mineral dan kelapa muda di pemberhentian untuk istirahat
8. Paket makanan setelah selesai arum jeram

Sedangkan ada juga paket tambahan lainnya.
9. Free photo
10. Sertifikat (beberapa penyedia arum jeram menyediakan sertifikat)
11. Penyewaan kamera anti air/tahan air

Untuk biaya melakukan arum jeram dari tempat satu dan lainnya berbeda. Tapi bisa ditaksir kisaran Rp 600.000 - Rp 800.000 untuk satu perahu dan pemandu ditambah fasilitas yang saya sebutkan di atas (nomor 1 sampai 9).

Saya sendiri telah berkesempatan untuk melakukan arum jeram di Sungai Elo dua kali. Dengan penyedia jasa yang berbeda. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, perbedaan dari satu tempat dengan tempat lainnya adalah paket makanan (nomor 8), fasilitas tambahan dan tentu saja harga.

Berikut adalah keceriaan yang dapat diabadikan fotografer penyedia jasa saat saya dan rombongan melakukan arum jeram di sungai Elo.

Keseruan di Salah Satu Jeram yang Berada di Sungai Elo

Briefing Sebelum Mengarungi Sungai Elo

Salah Satu Atraksi yang Bisa Anda Nikmati

Menikmati Pemberhentian Pertama dengan Menyantap Snack dan Kelapa Muda (nomor 7)

Menikmati Sungai dengan Terjun Langsung

Enjoy!
Enjoy !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar