Rabu, 27 Desember 2017

[Board Game Kesehatan] Menjadi Bagian Tim DAKON Library X DINKES Bantul

Tim Game Designer Board Game DAKON X DINKES Bantul
Beberapa minggu yang lalu saya cukup disibukan dengan aktivitas pembuatan board game. Di tengah “sibuk”-nya mengerjakan skripsi saya mencoba mengajukan diri untuk bergabung di sebuah tim pembuatan board game. Setelah proses “wawancara” lewat whatsapp akhirnya saya pun diterima. Ya, diterima, kalau tidak maka cerita ini pun tak bakalan ada.

Board game merupakan bagian dari tabletop game. Yaitu sebuah permainan papan. Selain itu di dalam tabletop game juga ada yang namanya card game. Namun disini saya akan menyebutnya board game (BG) saja. Karena di dalam board game sendiri, sekarang pun sudah ada penambahan komponen kartu dan lain sebagainya. Contoh dari permainan board game adalah catur.

Saya sendiri memang masih awam dengan dunia board game bahkan untuk sekedar bermain monopoli pun saya tidak begitu paham. Padahal sudah lama saya mengenal permainan itu. Sebuah permainan papan yang mengajarkan kapitalisme. Akan tetapi kalau permainan kartu sepertinya kebiasaan dulu bermain kartu di kampus bisa membantu. Dan ternyata latar belakang saya di matematika sungguh sangat membantu. Walaupun tidak begitu kaget karena kalau kamu tahu film dengan judul "21" pasti kamu akan paham hubungan antara permainan kartu dan matematika.

Jadi selama tiga minggu kemarin saya tergabung dalam sebuah tim pembuatan BG dibawah naungan DAKON yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Bantul. Dimana DAKON adalah sebuah board game library yang terletak di plaza UNY lantai empat. Kalau penasaran silahkan berkunjung. Jadi kalau kamu datang kesana kamu bisa menikmati berbagai macam permainan papan dan juga aneka makanan. Karena memang letaknya yang dekat dengan foodcourt.

Kenapa bisa bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Bantul? 

Nah, ini merupakan suatu hal yang menarik. Latar belakang kerja sama antara DAKON dan Dinas Kesehatan Bantul adalah karena adanya program dari pemerintah pusat yaitu program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Yaitu sebuah program untuk mengkampanyekan pola hidup sehat. Big Applause untuk Dinas Kesehatan Bantul yang merespon dengan baik dan tentu saja kreatif program dari pemerintah pusat tersebut. Jadi, board game yang kami buat adalah untuk sarana edukasi kesehatan kepada masyarakat.

Kami di tim pembuatan hanya bertugas untuk mendesain dan memproduksi. Sedangkan pemasarannya ada di pihak Dinas Kesehatan Bantul. Yaitu didistribusikan ke puskesmas-puskesmas yang berada di kabupaten Bantul. Jadi kesimpulannya adalah pihak DAKON mendapat pesanan untuk membuat board game dari pihak Dinas Kesehatan Bantul.

Ada tiga tema yang diajukan pihak Dinas Kesehatan Bantul ke pihak DAKON. Setiap satu tema dibuat satu jenis permainan. Dimana setiap jenis permainan dibuat seratus unit. Jadi totalnya adalah tiga ratus unit dengan tiga jenis permainan yang berbeda. Walaupun pada akhirnya nanti pihak Dinas Kesehatan Bantul meminta penambahan produksi. Yang sangat menantang adalah waktu pengerjaannya yaitu hanya selama tiga minggu saja. Sungguh waktu yang sangat singkat karena kami tidak hanya mendesain tapi juga memproduksi sendiri dengan jumlah yang cukup besar.

Mau tahu keseruan proses mendesain dan produksinya? Nantikan cerita selanjutnya.

Baca juga:
1. [Board Game Kesehatan] Menjadi Bagian Tim DAKON Library X DINKES Bantul
2. [Board Game Kesehatan] Serunya Proses Pembuatan Germas Game, Ciberat dan Diabetamon
3. [Board Game Kesehatan] Melatih Bapak-Ibu Pegawai Puskesmas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar