Kamis, 28 Desember 2017

[Board Game Kesehatan] Serunya Proses Pembuatan Germas Game, Ciberat dan Diabetamon

Produk Board Game Kesehatan DAKON yaitu Diabetamon, CIBERAT dan Germas Game
Kalau sebelumnya saya sudah sedikit bercerita bagaimana saya bisa masuk di sebuah tim pembuatan board game, maka ijinkalah kali ini saya bercerita tentang serunya proses pembuatan. Namanya juga proses pembuatan sebuah permainan, maka isinya tentu saja banyak bermain. Tapi bedanya bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Yang nanti bisa ditabung untuk modal menikah. Ah elah.

Kemarin saya sudah bercerita bahwa kami membuat tiga jenis permainan dari tiga tema yang berbeda dan setiap jenis permainan dibuat oleh satu tim atau kelompok. Jadi ada tiga kelompok. Kelompok  yang pertama membuat board game  dengan tema GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Kemudian kelompok kedua membuat board game dengan tema diabetes. Sedangkan yang terakhir membuat board game dengan tema PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). Setiap kelompok terdiri dari empat orang. Tiga orang game designer dan satu orang illustrator. Saya sendiri tergabung di tim pertama.

Karena saya sendiri masih awam dengan industri board game  maka saya pun belajar tentang board game dan mencoba beberapa permainan di DAKON library. Semakin banyak permainan papan yang dipelajari maka semakin banyak pula wawasan untuk membangun permainan papan yang baru. Proses awal dalam pembuatan permainan papan adalah dengan melakukan observasi. Ada dua observasi yang harus dilakukan. Pertama adalah observasi tentang permainan papan. Sedangkan yang kedua adalah observasi tentang materi tema yang dibangun. Dalam konteks ini adalah tema kesehatan. Misalkan untuk tim saya maka mencari materi tentang GERMAS. Dalam mencocokan materi juga dibantu oleh pihak Dinas Kesehatan dan dokter.

Waktu Produktif di Kaliurang

Pertemuan di Kaliurang

Karena singkatnya waktu yang telah ditetapkan, maka tim membuat jadwal khusus yang nanti bisa lebih produktif yaitu bertempat di Kaliurang. Kaliurang merupakan tempat yang biasa dirujuk untuk kegiatan mahasiswa Jogja atau instansi lainnya. Sungguh hubungan yang sangat erat. Entah kenapa secara pribadi Kaliurang merupakan tempat yang selalu ingin saya singgahi. Suasananya seperti sudah memiliki kemistri tersendiri. Padahal seingat saya waktu kecil juga belum pernah kesana.

Selama dua hari satu malam semua tim berdiskusi untuk membangun permainan. Entah itu pagi, siang, sore ataupun malam. Karena sebelumnya setiap tim telah menyusun materi berupa permainan papan yang menginspirasi atau membangun dan apa saja dari tema kesehatan yang bisa dimasukan maka langkah selanjutnya adalah membuat dummy dengan kertas karton. Kemudian setiap tim mencoba untuk memaikannya. Sampai mendapatkan formula yang seimbang. Trial and error tidak perlu ditanya lagi seberapa banyak dan beberapa kali juga menemukan kebuntuan tapi akhirnya bisa diatasi.

Adapun sesi dimana setiap tim mempresentasikan hasil karyanya. Kemudian mendapatkan masukan lagi dari tim-tim lain dan juga mempresentasikan kepada mas Adnan selaku salah satu pemilik DAKON. Yang mana beliu sudah lama terjun di industri board game. Kemudian meracik lagi formula yang pas agar permainan bisa seimbang dan menyenangkan. Adapun juga rencana-rencana cadangan lainnya. Sepertinya memang kelihatan banyak lika-liku tapi karena proses itu dinikmati jadinya terasa menyenangkan. Apalagi kalau diniatkan sebagai ibadah. Maka itu adalah sebuah hal tidak hanya baik di dunia tapi juga di akhirat.

Sidang dengan Pihak Dinas Kesehatan

Sidang Pertama dengan Pihak Dinas Kesehatan Bantul
Karena proyek ini berhubungan dengan dinas kesehatan Bantul maka tentu saja ada sesi presentasi kepada instansi tersebut. Setidaknya ada dua kali pertemuan dimana setiap pertemuan selalu ada revisi. Entah itu penambahan cara bermain atau substansi materi yang ada di dalam permainan. Agar sesusai dengan tema dan kondisi geografis kabupaten Bantul.

Pada pertemuan pertama kami masih menggunakan dummy sedangkan pertemuan kedua sudah menggunakan desain yang dibuat oleh illustrator  masing-masing kelompok. Ilustrasi gambar pun tak lepas dari revisi. 

Begitupun dengan nama dari masing-masing produk. Namun pada akhirnya nama pun sampai ke titik final. Yaitu GERMAS GAME untuk tema GERMAS, kemudian DIABETAMON untuk tema diabetes dan yang terakhir bernama CIBERAT (Cinta Bersih dan Sehat) dari tema PHBS.

Padatnya Proses Produksi

Proses Produksi
Setelah melalui rangkaian perbaikan karena revisi maka langkah selanjutnya adalah proses produksi. Ada berbagai macam hal yang ada dalam tahap ini. Ada yang kami lakukan sendiri adapun yang bekerja sama dengan pihak lain. Dalam tahap ini tidak mengenal waktu. Sering kali melakukan lembur sampai larut atau bahkan sampai Shubuh kemudian waktu Dhuha dilanjutkan lagi. Karena memang waktu yang begitu sempit.

Beberapa hal yang dilakukan oleh pihak lain yang bekerja sama adalah produksi box serta penempelan cover  yang sudah dilaminasi. Kemudian juga ada produksi karakter yang terbuat dari akrilik dan juga pemesanan dadu serta token. Walaupun nanti pada tahap pengecetan token kami kerjakan sendiri.

Adapun yang berkaitan dengan percetakan komponen dan laminasi maka kami mencari percetakan yang murah dan berkualitas. Kalau pemotongan ada yang dikerjakan sendiri, memperkerjakan orang dan ada juga yang dipotong langsung di percetakan. Kemudian tahap akhirnya adalah sortir dan pengepakan kami lakukan sendiri.

Sungguh sangat seru bukan? Nantikan cerita seru lainnya yang masih akan berlanjut.

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar